About US

Pesantren Persatuan Islam (PERSIS) 67 Benda adalah sebuah Pondok Pesantren yang berada di sebelah utara Kota Tasikmalaya. tepatnya di kampung Benda Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes. Pesantren ini menempati areal seluas kurang lebih 3,5 Hektar. Awal berdirinya Pesantren ini merupakan sebuah Majlis Ta'lim (Pengajian Agama Islam) yang diadakan oleh K.H. Usman Aminullah yang sering dipanggil dengan panggilan Ust. Amien oleh semua kalangan umat. Majlis Ta'lim ini berupa pengajian di rumah orang tua Ust. Amien yang dilaksanakan setelah maghrib.

Pada awalnya memang kegiatan pengajian ini diadakan di rumah, tetapi dikarenakan jumlah anak yang ikut mengaji semakin hari semakin bertambah banyak, mau tidak mau pengajian dipindahkan ke sebuah tempat yang berukuran kurang lebih 5 x 6 meter. Tidak terasa ternyata makin hari jumlah santri yang ada dipengajian majlis ta'lim ini semakin bertambah banyak, bahkan ada juga santri yang datang jauh jauh hanya untuk mengaji, maka oleh Ust. Amien didirikanlah sebuah Madrasah yang berukuran 7 x 40 meter. Pengajian pun diubah jadwalnya  menjadi pagi hari.

Pada tanggal 4 Mei 1940 diresmikanlah Madrasah tersebut sebagai Pesantren Persatuan Islam No. 67 Benda Oleh Pimpinan Pusat Persatuan Islam yang pada saat itu sedang diketuai oleh KH. Isa Ashari. Pesantren Persis 67 Benda sedikit demi sedikit berkembang dengan diawali berdirinya sebuah madrasah Diniyyah, ibtidaiyyah dan Tsanawiyyah. Sehingga pada tahun 1976, Ust. Amin menyerahkan kepengurusan Pesantren Benda ini kepada Putranya yang kita kenal dengan nama Drs. H. Shiddiq Amien, MBA.


Beberapa tahun kemudian Pesantren ini berkembang semakin pesat dengan jumlah santri yang semakin banyak.


Berpulangnya Ust. Shiddiq Amien (Allahu yarham) pada 31 Oktober 2009 memberikan kesedihan yang mendalam bagi segenap keluarga besar pesantren dan umat. sehingga pada akhirnya kepimpinan pesantren dilanjutkan oleh kakak beliau, K.H. Muhtarom Amien yang akan mewujudkan visi pesantren benda ini kedepannya dengan cara terus mengamalkan ajaran islam dengan baik dan benar sesuai dengan Al - Qur'an dan As Sunnah. dengan demikan pesantren benda akan menjadi Pesantren terdepan dalam membentuk Insan Ulul Albab dan Tafaquh Fiddien.